Soal Ulangan SD IPA Kelas 5 Semester 2

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Kumpulan Contoh Soal Ulangan SD IPA Kelas 5 Semester 2 - Kembali lagi kita akan latihan dengan contoh soal. Kali ini kita akan berlatih untuk pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) khusus untuk adik-adik kelas 5 sekolah dasar (SD). Soal yang akan kita kerjakan adalah jenis soal pilihan ganda (pg). 

Pada soal adik-adik akan diminta untuk memilih satu jawaban yang paling benar dari yang sudah disediakan. Dengan berlatih seperti ini, jika adik-adik bisa mengerjakan soalnya maka berarti adik-adik sudah paham dengan pelajarannya. 

Jika tidak bisa mengerjakan soal maka berarti belum paham dan harus belajar lagi dari buku catatan yang ada. Jawabannya bisa dicari dengan membuka kembali buku pelajaran yang ada. Atau bisa dikerjakan bersama teman lain. 

Latihan kita kali ini akan lengkap. Artinya selain soal pilihan juga akan ada soal isian titik-titik dan juga soal uraian atau esai. Jadi ada tiga jenis soal yang akan dikerjakan. Soal ini bisa digunakan untuk persiapan menghadapi ulangan harian atau ulangan semester.

Contoh Soal Ulangan SD IPA Kelas 5 Semester 2

I. Berilah tanda silang (X) pada a,b,c atau d di depan jawaban yang paling benar!
1) Gaya gesek terkecil terjadi antara 2 buah benda, jika...
a. salah satu permukaan harus licin
b. salah satu permukaan harus kasar
c. kedua permukaan harus licin
d. kedua satu permukaan harus kasar

Soal di atas menjelaskan tentang sebuah gesekan terkecil pada 2 buah benda. Yang mana yang menjadi pertanyaan adalah benda yang mempunyai permukaan seperti apa yang bisa menhasilkan sebuah gesekan yang kecil..? pilihlah jawaban sesuai dengan tepat, dan yang menurut anda benar.

2) Contoh memperbesar gaya gesek adalah...
a. menaburi papan kerambol dengan bedak
b. memberi pelumas pada mesin
c. memberi alur kembang pada ban
d. memberi roda pada benda-benda yang berat

Soal di atas adalah soal yang mempunyai sebuah pengertian tentang cara memperbesar gesekan pada 2 buah benda. Dan yang menjadi pertannyaan adalah bagaimana cara memperbesar gaya gesek pada 2 buah benda..?, dan pada bagian bawah ada sebuah contoh yang salah satunya adalah cara memperbesar gesekan pada benda.

3) Gaya gesek terbesar terjadi antara 2 buah benda, jika...
a. salah satu permukaan harus licin
b. salah satu permukaan harus kasar
c. kedua permukaan harus licin
d. kedua satu permukaan harus kasar

Soal di atas menjelaskan tentang sebuah gaya gesek yang besar pada 2 buah benda. Yang mana 2 buah benda bisa mneghasilkan sebuah gesekan yang besar apabila..?, dan pilihan di bawahnya adalah sebuah pilihan yang salah satunya adalah sebuah jawaban dair soal yang sudah di tuliskan di atas.

4) Gir dan rantai sepeda di beri minyak untuk...
a. mempercepat gaya gesek
b. memperlambat gaya gesek
c. memperbesar gaya gesek
d. memperkecil gaya gesek

Pada gir dan rantai pada sepeda motor, atau sepeda biasa terdapat sebuah gaya gesek. Yang mana pada soal di atas menjelaskan pemberian sebuah minyak pada rantai dan gir dimaksudkan untuk..?, dan di bagian bawah soal sudah tertulis tentang sebuah pilihan yang terkait dengan sebuah jawaban dari soal di atas.

5) Gaya gesek suatu benda menjadi lebih besar, bila permukaan benda itu...
a. licin
b. kasar
c. kecil
d. pipih

Penyebab dari pada suatu benda menghasilkan sebuah gesekan yang besar adalah diindikasikan pada sebuah permukaan. Yang mana permukaan yang mempunyai sebuah bentuk dan sifat tertentu bisa menghasilakan gesekan yang besar. Permukaan benda yang seperti apakah yang bisa menghasilkan gesekan yang besar..?

6) Alat-alat permainan sky es di buat halus agar...
a. memperbesar gaya gesek
b. memperkecil gaya gesek
c. memperbesar gaya berat
d. memperkecil gaya berat

Dalam permainan sky yang biasa dilakukan di atas tempat yang ber-es/ salju, yang mana alat sky pada bagian bawahnya dibuat halus. Hingga dengan membuat halus dari pada pemukaan pada bagian bawah tersebut membuat sky mudah berjalan di atas salju. Pemukaan pada bagian bawah di permukaan salju dimaksudkan..? 

7) Ban kendaraan yang sudah halus harus segera di ganti karena gaya geseknya...
a. bertambah besar
b. tetap
c. hilang
d. bertambah kecil

Banda pada suatu kendaraan memang bisa berubah menjadi halus siring berjalannya waktu, dan seringnya penggunaan. Dan hal tersebut haruslah segera diganti karena bisa menimbulkan sesuatu yang bisa membahayakan keselamatan manusia. Pertanyaannya dalah bagaimanakah gaya gesek yang terdapat pada ban yang halus..?

8) Gerakan kelereng yang menggelinding di lantai makin lama makin lambat, disebabkan gaya..
a. magnet
b. gesek
c. mesin
d. gravitasi

Kelereng yang melaju dengan cara dibuang menggunakan jari biasanya lama kelamaan akan melambat dan berhenti. Terkait dengan hal tersebut apakah yang menyebabkan hal yang demikian..?, pilihlah jawaban yang ada di bagian bawah soal tersebut.

9) Makin kecil gaya gesek antara 2 benda, makin......benda itu bergerak.
a. cepat
b. lambat
c. susah
d. sulit

Gaya gesek pada suatu benda memang mempengaruhi sebuah gerak dari pada benda. Yang mana pemukaan benda dengan sebuah jenis tertentu bisa menhasilkan sebuah pergerakan yang tertentu pula. Terkait dengan sebuah pertanyaan di atas, semaik kecil suatu gesekan pada suatu maka semakin....... gerak benda.

10) Dibawah ini adalah benda-benda yang dapat memperkeci gaya gesek. Kecuali...
a. lilin
b. oli
c. bensin
d. pelumas

Soal di atas menjelaskan tentang sebuah benda yang bisa memperkecil suatu gaya gesek. Yang memang benar adanya suatu gaya gesekan bisa diperkecil dengan sebuah benda-benda tertentu. Terkait dengan soal di atas benda yang manakah yang tidak bisa memperkecil suatu gaya gesekan dari pada 2 buah benda. 

Di bawah ini ada sebuah soal tambahan terkait  dengan sebuah soal esai. Yang mana soal tersebut mempunyai sebuah perintah untuk mengisinya dengan benar, dan sesuai dengan jawaban aslinya. Pengisian bisa dilakukan pada titik-titk pada bagian setelah pertannyaan tersebut.

II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
Gaya gesek terjadi pada 2 buah benda yang saling...
Mendorong lemari pada lantai yang licin lebih.....daripada di lantai yang kasar.
Makin besar permukaan benda, makin ..............gaya geseknya.
Mesin di beri pelumas agar gaya geseknya semakin..........
Makin besar permukaan yang bergerak, gaya geseknya semakin..........

Suatu soal yang mudah bukan, untuk itu saya akan memberikan sebuah bonus soal lagi untuk anda, sebagai sebuah media pembelajaran dan media untuk mengasah otak. Yang mana printahnya masih sama isi dengan benar pada bagian titik.

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1) Mengapa pada alas sepatu bola di beri paku-paku besar? Jelaskan!
2) Sebutkan 3 contoh gaya gesek yang menguntungkan bagi kehidupan sehari-hari!
3) Mengapa bola yang menggelinding di lapangan akhirnya berhenti? Jelaskan!
4) Mengapa pada lemari es terdapat roda-roda kecil di bagian bawahnya?
5) Mengapa pada permukaan ban mobil dibuat kasar dan bercorak?

Soal Ulangan SD IPA Kelas 5 Semester 2

Itu dia sebuah soal sebagai sebuah pembelajaran yang bisa anda aplikasikan di rumah. Dengan adanya soal ini bisa membantu anda dalam mengerjakan soal pada waktu ulangan tiba, sehingga soal yang anda kerjakan terkesan sangat mudah. Dan untuk bisa mahir dalam sebuah soal tentulah dibutuhkan kerja keras dan rajin.