Soal Ulangan Kimia Kelas X SMA dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Kumpulan Contoh Soal Ulangan Kimia Kelas X SMA - Berikut ini adalah contoh soal kimia kelas X, yang bisa menjadi sebuah media pembelajaran di rumah. Perlu diketahui untuk bisa mengerjakannya dan mahir haruslah dibutuhkan usaha yang benar-benar maksimal dalam meraihnya.

Dan usaha yang disebut maksimal tersebut adalah belajar secara rutin. Dengan demikian anda tidak lagi kaku atau gagap ketika hendak mengerjakan soal yang ada di bawah ini.

Karena memang anda sudah secara tepat mengambil jalan yang benar dengan belajar ssecara rajin di rumah. Sehingga ketika diharapkan kepada soal otak andapun akan secara otomatis bisa menemukan jawabannya.

Untuk itu sebagai sebuah media pembelajaran untuk anda semua, mari kita bersama-sama menyimak soal yang ada di bawah ini. Yang mana agar anda menjadi lebih bertambah pintar, sehingga soal ulangan di sekolah bukan sesuatu yang menakutkan lagi. Untuk itu mari kita simak soalnya. 

Contoh Soal Ulangan Kimia dan Pembahasan
1) Mutu bensin dinyatakan dengan angka oktan. Senyawa karbon yang mempunyai angka oktan 100 adalah….

Maksud dari soal yang ada di atas adalah sebuah pertanyaan yang mempunyai sebuah arti tentang senyawa karbon yang mempunyai sebuah angka oktan 100 adalah. Yang mana seperti kita semua tahu bahwa angka oktan pada sebuah senyawa karbon memang berbeda-beda, dan senyawa karbon apakah yang mempunyai sebuah angka oktan 100..?

2) Untuk menaikkan mutu bensin dapat dilakukan dengan menambahkan suatu zat tertentu dalam jumlah relatif sedikit, zat itu adalah ….

Pada bahan bakar bensin bisa dilakukan sebuah penambahan tentang suatu zat, yang akan menambah mutu dari pada bensin tersebut. Sehingga dengan zat tersebut bensin mempunyai sebuah mutu yang bagus. Cara penambahan zat terseut adalah dengan sebuah takaran yang relatif sedikit. Menyangkut sebuah pertanyaan di atas, zat apakah itu..? 

3) Bensin premium mempunyai bilanapgan oktan 88 artinya ...

Bensin premiun mempunyai sebuah istilah terkait dengan sebuah istilah bilangan oktan 88. Yang memang istilah tersebut selalu digunakan dalam bensin peremium dan sangat lekat dengan bensin premium. Pertanyaannya adalah apa arti dari sebuah istilah bilangan oktan 88 pada bensin premium..?

4) Asap kendaraan bermotor antara lain mengandung gas CO, CO2, uap air , sisa hidrokarbon dan partikel timah hitam. Bahan yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia adalah…

Di atas adalah sebuah kandungan yang ada pada asap motor. Diantara sebuah kandungan-kandungan tersbut ada sebuah kandungan yang sangat berbahaya bagi kesehayan manusia. Diantara gas CO, CO2, uap air, sisa hidrokarbon, dan partikel timah hitam, yang manakah yang paling berbahaya bagi kesehatan manusia.

5) Kadar CO diudara yang masih aman adalah sampai 100 ppm. Jika dinyatakan dalam persen berarti batas aman adalah… 

Ada sebuah zona nyaman udara yang sudah terkontaminasi CO. Yang mana takaran dalam udara yang sudah tekontaminasi CO adalah 100 ppm. Dan dalam pertanyaan di atas mempunyai sebuah pengertian atau maksud, berapakah nilai aman jika di hitung dengan persen..?

6) Untuk mengurangi pencemaran udara oleh gas CO dilakukan dengan ….

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa gas CO mempunyai sebuah kadar yang sangat berpengaruh untuk pencemaran udara. Namun tentunya dengan sebuah catatan bahwa kadar CO pada udara tersebut harus tinggi. 

Dalam pertanyaan ini mempunyai sebuah pengertian tentang penanggulangan pencemaran akibat gas CO. Apakah yang dilakukan untuk mengucarangi pencemaran gas CO..?

7) Menghidupkan mesin dalam garasi tertutup adalah berbahaya karena di sana ada gas berbahaya hasil pembakaran bensin yang tidak sempurna yaitu.. 

Mengidupan mesin dalam rungan yang cukup tertutup dan sempit, seperti ruang garasi mobil, sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena terdapat sebuah pembakaran bensin yang kurang maksimal. Dan kembali kepada pertanyaan, hasil dari pembakaran yang kurang maksimal yaitu..?

8) Untuk mengurangi pencemaran udara oleh gas CO dilakukan dengan ….

Soal di atas mempunyai sebuah pengertian tentang sebuah penanggulangan gas CO. Yang mana gas yang berbahaya bagi kesehatan manusia ini sebenarnya bisa dikurangi dengan sebuah metode dan cara yang tepat. Dan pertanyaannya adalah dengan apakah untuk bisa mengurangi sebuah pencemaran gas CO..?

9) Senyawa siklo heksana banyak digunakan untuk membuat….

Sebuah senyawa siklo heksana mempunyai sebuah fungsi bagi kehidupan manusia. Yang mana senyawa ini memang sering digunakan untuk pembuatan sesuatu yang cukup bermanfaat bagi manusia. Apa yang bisa dihaslkan dari senyawa ini..?

10) Senyawa hidrokarbon yang digunakan untuk membuat karung plastic dan tali plastic adalah…. 

Salah satu sebuah bahan dari karang plastik dan tali plastik adalah sebuah senyawa hdirokarbon. Dalam pertanyaan di atas menjelaskan jenis senyawa hidrokarbon yang seperti apakah yang bisa digunakan untuk membuat sebuah karung plastik dan tali plastik..?

Soal Kimia Kelas X SMA dan Pembahasan

Ada sepuluh soal essai kimia kelas x yang sudah kita pelajari di atas. Silahkan rekan semua bisa mempelajarinya sendiri di rumah. Mudah-mudahan beberapa soal di atas bisa menjadi bahan referensi kita bersama. Itu saja, silahkan dilanjutkan kembali.