Soal Essai PKN Kelas 3 SD Semester 1

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Essai PKN Kelas 3 SD Semester 1 - Mempersiapkan ujian atau ulangan yang akan segera dilaksanakan biasanya akan sibuk berlatih soal. Selain membaca catatan yang dimiliki, berlatih soal akan cukup bagus. 

Latihan soal dapat dilakukan untuk menguji dan mengukur kemampuan. Latihan seperti ini sekaligus  juga dapat membuat lebih paham terhadap pelajaran. Begitu juga dengan pelajaran PKN SDkelas 3, bisa belajar dari buku dan bisa juga dengan soal.

Berbeda dengan latihan lain yang sudah dilengkapi dengan  kunci jawaban dan pembahasan, latihan kita kali ini tidak diberi kunci jawaban. Itu berarti kita akan berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Meski tidak dilengkapi dengan jawaban tetapi soal latihannya diberi penjelasan mengenai soal masing-masing. dengan begitu akan lebih mudah bagi adik-adik semua untuk mempelajari maksud dari soal tersebut.

Pokoknya bisa untuk latihan dan uji coba, adik-adik akan diminta mengerjakan 50 soal latihan PKN yang semuanya terdiri dari soal esai. Selengkapnya untuk soal tersebut seperti di bawah ini. Silahkan dikerjakan semampunya. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
  1. Jelaskan tentang makna sumpah pemuda?
  2. Kapan para pemuda mengucapkan sumpah pemuda?
  3. Mengapa para pemuda memperjuangkan kemerdekaan?
  4. Apakah kelemahan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan sebelum Sumpah Pemuda dicetuskan?
  5. Apa yang terjadi jika kita tidak bisa bahasa persatuan?

Soal di atas adalah soal dari PPKn kelas 3 SD semester yaitu soal tentang sumpah pemuda. Soal latihan tersebut berkaitan dengan sebuah sejarah bangsa Indonesia di masa lampau. Ada beberapa soal di atas yang berkaitan dengan sumpah pemuda.

Selain itu ada juga sebuah soal yang berkaitan dengan sebuah sebuah bahasa persatuan bangsa Indonesia. Soal ini bisa menjadi sebuah pembelajaran dan menguji wawasan kamu tentang sejarah. 

Dengan adanya soal ini kemampuan tentang sejarah anda akan selalu terasahDengan begitu sebagai warga negara yang baik adik-adik mengetahui persis bagaimana sejarah Indonesia berjalan. 

Untuk itulah untuk merefleksikan apa yang anda pelajari maka soal ini bisa menjadi sebuah media untuk sarana menguji wawasan anda tentang sejarah.
  1. Sebutkan 2 negara yang pernah menjajah negara kita?
  2. Jelaskan apa akibat dari penjajahan?
  3. Mengapa usaha negara kita dalam mengusir penjajah selalu menemui kegagalan?
  4. Apa tujuan berdirinya organisasi kemerdekaan?
  5. Apa hasil keputusan penting Kongres Pemuda II?
  6. Sebutkan prilaku yang dapat merusak persatuan dan kesatuan?
  7. Mengapa kita perlu menghargai perbedaan bahasa daerah?
  8. Apa yang kamu lakukan jika temanmu bertengkar?
  9. Kongres pemuda I di laksanakan tahun berapa?
  10. Kongres pemuda II di laksanakan tahun berapa?

Untuk soal selanjutnya adalah sebuah soal yang menjelaskan tentang sebuah penjajan, yang mana terkait dengan sebuah negara yang pernah menjajah Indonesia. 

Ada pula yang menjelaskan tentang organisasi kemerdekaan, etika yang harus ditanamkan bangsa Indonesia, kebhinekaan tetapi tetap menghargai satu sama lain, dan konres pemuda.

Soal tersebut tentunya bisa menjadi sebuah media untuk menguji wawasan anda dalam kaitannya mata pelajaran sejarah. 

Terlebih anda mau mengolah wawasan anda setiap hari tentulah mimpi menjadi ahli sejarah tentu akan terwujud. Dan soal tersebut adalah jalan yang memang harus anda pelajari hingga anda benar-benar mahir.
  1. Hari Sumpah Pemuda di peringati setiap tanggal berapa?
  2. Sebutkan tokoh dalam kongres pemuda I?
  3. Sebutkan tokoh dalam kongres pemuda II?
  4. Lagu Indonesia Raya pertama kali di nyanyikan pada kongres pemuda ke berapa?
  5. Tuliskan naskah "Sumpah Pemuda" dengan benar!
  6. Sebutkan 3 organisasi ke daerahan yang berasal dari Jawa?
  7. Jong Java merupakan organisasi ke daerahan yang berasal dari mana?
  8. Sebutkan tanggal lahir Muhamad Yamin?
  9. Sebutkan nama-nama organisasi kedaerahan yang pernah di ikuti Muhamad Yamin?
  10. Siapakah tokoh kongres pemuda II yang menciptakan lagu Indonesia Raya?

Masih terkait dengan sebuah sejarah bangsa Indonesia tentunya dengan sebuah ulasan yang berbeda. Terkait dengan soal di atas menjelaskan tentang macam-macam sejarah yang berkaitan dengan sebuah sejarah sumpah pemuda, hingga hari yang ditetapkan sebagai hari peringatan sumpah pemuda.

Adapun macam-macam soal yang lain meliputi sebuah tokoh-tokoh yang terkenal pada kongres pemuda I dan kongres pemuda II. Adapun yang lain adalah sebuah sejarah pertama kalinya lagu Indonesia raya yang dinyanyikan pada kongres, dan perintah untuk menuliskan naskah asli sumpah pemuda.

Ada pula sebuah pertanyaan yang lain berkaitan dengan sebuah biografi dari tokoh Muhamad Yamin, terkait dengan tanggal lahir dan sebuah oraganisasi-organisasi yang pernah diikutinya. Semua soal tersebut harus dijawab dengan tepat menurut naluri keyakinan dan nurani anda sendiri.
  1. WR.Supratman di lahirkan tahun berapa?
  2. Mohammad Hatta di lahirkan tahun berapa?
  3. Mohammad Husni Thamrin di lahirkan tahun berapa?
  4. Apa tujuannya didirikannya organisasi Jong Java?
  5. Sifat apakah yang perlu di tiru dari tokoh Muhamad Yamin?
  6. Perjuangan bangsa Indonesia sebelum kongres pemuda II masih bersipat apa?
  7. Sebutkan bahasa persatuan kita?
  8. Sebutkan prilaku yang dapat merusak persatuan dan kesatuan?
  9. Apa yang kamu lakukan jika teman kamu bertengkar?
  10. Sebutkan 5 suku bangsa yang kamu ketahui?

Soal-soal di atas adalah sebuah soal-soal yang terkait dengan sebuah tokoh-tokoh terkenal pada masa perjuangan, yaitu: WR. Supratman, Muhamad Hatta, dan Muhamad Husni Tamrin. Soal tersebut membelejeti tokoh-tokoh perjuangan tersebut dari segi biografi kelahiran dari masing-masing tokoh tersebut

Adapun soal yang lain berkaitan dengan dengan sebuah pertanyaan terkait biografi oraganisasi Jong Java, sifat yang bisa menjadi panutan dari seorang Muhamad Yamin, perjuangan sebelum kongres, bahsa persatuan bangsa Indonesia, sebuah suku Indonesia, dll, yang kaitannya dengan sebuah sejarah.

Yang mana perlu anda cermaiti soal tersebut baru setelah anda benar-benar mengerti maksud dari pada soal tersebut, anda bisa mencarikan sebuah jawaban yang sesuai dengan yang ada pada pikiran anda. Baru kemudian anda bisa mengisinya, dan mengecek kembali setelah selesai.
  1. Sebutkan 5 bahasa daerah yang kamu ketahui?
  2. Apa arti dari persatuan dan kesatuan?
  3. Berikan 3 contoh nilai-nilai sumpah pemuda yang kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
  4. Sebutkan 3 contoh agar persatuan dan kesatuan kokoh?
  5. Apa arti dari "Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh"?
  6. Apa kepanjangan dari NKRI?
  7. Apa yang kamu lakukan terhdapa temanmu yang berbeda suku?

Maksud soal di atas adalah soal yang mempunyai sebuahh pengertian tentang bangsa Indonesia, terkait dengan sebuah bahasa daerah yang dimilikinya. Adapun soal yang lain meliputi sebuah soal yang terkait dengan sebuah arti kesatuan, 3 nilai sumpah pemuda, contoh kesatuan dan persatuan kokoh, istilah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, kepanjangan NKRI, dll.

Yang mana jawaban dari soal tersebut bisa anda kembangkan hingga terlihat begitu jelas untuk dibaca. Adapun jawaban yang digunakan tentulah berdasarkan sebuah refrensi yang ada dalam buku sejarah. Sehingga jawaban yang anda cantumkan tidak ngawur karena berdasarkan sebuah refrensi.
  1. Mengapa kita tidak boleh membeda-bedakan teman dalam bergaul?
  2. Apa akibatnya jika kamu tidak bersahabat dengan tetangga?
  3. Bolehkah kamu bertengkar dengan temanmu? mengapa?
  4. Berikan contoh mengormati orang tuamu?
  5. Berikan contoh menghormati gurumu?
  6. Apa yang kalian lakukan terhadap temanmu yang sedang mengalami kesulitan?
  7. Mengapa kita tidak boleh bermalas-malasan?
  8. Mengapa kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar?

Soal di atas adalah soal yang rata-rata memiliki sebuah pengertian terkait dengan hubungan sosial, baik dengan keluarga maupun dengan orang lain. Adapun soal lain ada juga yang terkait dengan sebuah  permintaan alasan terkait dengan penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kaitannya hubungan sosial tentulah kita semua tentu sudah pernah mengalami tetapi kita belum paham bagaimana menjalani hubungan sosial yang baik dan benar. Dan soal di atas ada yang menyangkut hal tersebut. Untuk itu kemukakan jawaban anda dari soal-soal di atas dengan baik dan benar.

Soal Essai PKN Kelas 3 SD Semester 1
Foto: Ilustrasi Berlatih Soal dan Jawaban
Beberapa soal di atas mudah-mudahan bisa menjadi sebuah pembelajaran yang baik untuk kita semua terkait dengan sebuah sejarah. Pelajaran sejarah tentunya adalah pelajaran yang sangat penting mengingat dari sejarah bangsa ini ada, dan dari sejarah pula kita semua dilahirkan dan mengetahui bagaimana perjuangan nenek moyang kita.