Soal IPA Kelas 5 SD dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Latihan IPA Kelas 5 SD dan Pembahasan - Untuk persiapan ulangan kenaikan kelas misalnya, adik-adik sekolah dasar bisa belajar mengerjakan soal latihan. Tujuannya adalah untuk membiasakan diri mengerjakan soal-soal yang mungkin nanti akan ditemui di saat ulangan. 


Dengan berlatih ini bisa juga mengingatkan adik-adik terhadap materi yang sudah dipelajari. Latihan kali ini bukan soal esai tetapi beberapa contoh soal yang berupa pilihan ganda. 

Soalnya mudah-mudah kok, jawabannya saja mungkin yang sedikit sulit, he…he… Tapi ang jelas, dengan sering berlaih dan belajar yang rutin tentu diharapkan bisa lebih pintar dan bisa mendapatkan nilai yang bagus.

I. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan cara memberi tanda silang (X) pada a,b,c atau d untuk jawaban yang benar!

1) Contoh benda yang dapat ditarik magnet, kecuali...
a. paku, peniti, pisau, dan obeng
b. peniti, kaleng, pisau, dan obeng
c. gelas, karton, buku, dan tisu
d. paku, pisau, jarum, dan peniti

2) Alat-alat rumah tangga di bawah ini menggunakan magnet, kecuali ....
a. pintu kulkas
b. bel listrik
c. kompor gas
d. ujung gunting

Soal di atas adalah soal yang terkait dengan sebuah magnet, atau sebuah benda yang bisa menarik besi. Seperti kaitannya dengan sebuah soal pada nomer 1 ada sebuah daftar  jawaban terkait dengan sebuah daftar yang memang merupakan benda yang bisa ditarik dengan magnet. Tetapi terkait dengan sebuah perintah soal yang manakah benda yang tidak bisa ditarik magnet..?

Adapun soal yang ke-2 masih terkait dengan magnet yang kaitannya dengan prabotan rumah tangga. Yang mana ada beberapa sebuah peralatan rumah tangga yang memang menggunakan magnet, dan soal tersebut memerintahkan untuk mencari benda rumah tangga yang tidak memakai magnet. Yang manakah yang bukan termasuk alat-alat yang tidak menggunakan magnet..?

3) Di bawah ini termasuk pengungkit jenis pertama, kecuali ....
a. tang
b. sekop
c. gunting
d. jungkat-jungkit

Soal di atas adalah sebuah soal yang terkait dengan sebuah alat pengungkit pertama. Pada bagian jawaban ada sebuah daftar a hingga d, yang terkait dengan daftar alat yang merupakan pengungkit jenis pertama. Kembali kepada pertannyaan, yang manakah yang bukan pengungkit jenis pertama..?

4) Cara kerja tikungan jalan atau kelokan-kelokan jalan di pegunungan menggunakan prinsip ....
a. katrol
b. pengungkit
c. bidang miring
d. roda poros

Ada sebuah cara atau tehnik untuk bisa melintasi sebuah daerah pegunungan, agar lebih mudah dan tidak membahayakan. Tehnik ini sering dipakai karena memang lebih mudah dan efektif untuk melintasi pegunungan dengan kendaraan. Tehnik apakah yang digunakan pada pegunungan hingga mengasilkan sebuah jalan kelokan-kelokan..?

5) Di bawah ini adalah contoh benda yang dapat ditembus cahaya, kecuali ....
a. mika
b. busa
c. gelas kaca
d. kaca jendela

Soal di atas adalah soal yang mempunyai sebuah pengertian tentang sebuah benda yang tidak bisa ditembus dengan cahaya. Yang mana alasannya terdapat sebuah kata kecuali pada bagian akhir kalimat pada soal. Sedang dibagian jawaban sudah tersedia 5 jawaban yang salah satunya merupakan jawaban dari soal tersebut.

6) Lampu kendaraan bermotor menggunakan cermin ....
a. datar
b. cembung
c. cekung
d. cekung cembung

Kendaraan tentulah selalu menggunakan sebuah lampu untuk memudahkan perjalanan di malam hari. Terkait dengan soal di atas jesni cermin apakah yang digunakan pada lampu motor, hingga sinar yang dihasilkan cukup terang. Pilihlah jawaban antara a sampai d, karena salah satu dari jawaban tersebut ada yang benar.

7. Pensil yang dimasukkan dalam gelas berisi air akan mengalami ....
a. pemantulan
b. pembiasan
c. peregangan
d. pembasahan

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah pengertian tentang pensil yang dimasukan ke dalam air. Yang mana kembali pada kandungan pada soal, apa akibat dari pada pensil yang dimasukan ke dalam air. Apakah fenomena yang ada pada kejadian dari pada pensil yang ada pada air..?

8) Di bawah ini merupakan contoh batuan sedimen, kecuali ....
a. batu breksi
b. batu gamping
c. batu konglomerat
d. batu marmer/ pualam

Soal di atas adalah soal yang mempunyai sebuah pengertian tentang yang bukan termasuk ke dalam contoh batuan sedimen. Pada bagian bawah atau bagian jawaban ada sebuah daftar batuan sedimen, namun ada satu yang bukan termasuk ke dalam batuan sedimen.  Yang manakah yang bukan termasuk ke dalam batuan sedimen..?

9) Bentuk permukaan bumi dapat berubah karena kegiatan manusia di bawah ini, kecuali ....
a. membuat bendungan
b. membuat pertanian
c. perkotaan
d. membuat meja, kursi

Di atas adalah sebuah soal yang terkait dengan yang tidak termasuk ke dalam sebab berubahnya permukaan bumi. Yang mana pada bagian bawah ada sebuah pilihan terkait dengan soal di atas. Yang mana salah satu dari jawaban tersbut hanya satu jawaban yang memang menjadi jawabannya. Jadi yang manakah kegiatan manusia yang tidak termasuk ke dalam kegiatan yang tidak merubah permukaan bumi..?

10) Tumbuhan lumut termasuk tumbuhan perintis, tumbuhan lumut dapat menyebabkan pelapukan secara ....
a. fisika
b. kimia
c. biologi
d. fisiologi

Soal di atas adalah soal yang menjelaskan tentang sedikit fakta tentang lumut, yang mana lumut bisa mengakibatka sebuah pelapukan. Pada bagian bawah ada sebuah pilihan dan jenis-jenis pelapukan yang ada. Terkait dengan sebuah pertannyaan di atas, pelapukan dengan cara apa yang  yang bisa dibuat  tumbuhan lumut..? 

11) Segumpal tanah dimasukkan dalam gelas berisi air, susunan yang benar dari bawah ke atas adalah ....
a. kerikil, pasir, butir tanah liat, humus
b. humus, pasir, kerikil, butir tanah liat
c. pasir, kerikil, humus, butir tanah liat
d. butir tanah liat, humus, pasir, kerikil

Soal di atas adalah sebuah yang terkait dengan sebuah segumpal tanah yang di masukan ke dalam air. Yang mana ada sebuah metode penyusunan yang benar terkait dengan soal tersebut. yang manakah yang merupakah sebuah susunan yang benar terkait dengan susunan dari bawah ke atas.

12) Besi akan mengalami perkaratan karena bereaksi dengan….
a. oksigen dan uap air
b. oksigen dan nitrogen
c. nitrogen dan karbon dioksida
d. hidrogen dan karbon dioksida

Besi adalah sebuah benda yang yang memang mempunyai sebuah sifat padat dan kuat. Ada sebuah penyebab yang mana bisa membuat besi berkarat. Terkait dengan sebuah pertannyaan di atas apa yang mengakibatkan besi berkarat. Pilihlah sebuah jawaban di bagian bawah dengan baik dan benar. 

13) Katrol yang dipasang pada tiang bendera termasuk katrol ....
a. bebas
b. tetap
c. ganda
d. blok katrol

Macam-macam jenis katrol memang sangat beragam, adapun soal di atas adalah memberikan sebuah contoh terkait dengan sebuah katrol yang digunakan pada tiang bendera. Terkait dengan sebuah pertannyaan di atas jenis katrol apakah yang digunakan pada tiang bendera sebagai tempat untuk tali bendera..?

14) Alat-alat di bawah ini termasuk pengungkit jenis kedua, kecuali ....
a. pemecah kemiri
b. pembuka kaleng
c. gerobak beroda empat
d. gerobak beroda satu

Soal di atas adalah soal yang menjelaskan tentang sebuah pengungkit yang merupakah bukan jenis pengungkit ke-2. Pada bagian bawah sudah ada sebuah daftar jawaban yang rata-rata merupakah jenis pengungkit kedua. Pertanyaannya adalah yang manakah yang bukan jenis alat pengungkit kedua..?

15) Di bawah ini merupakan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar, kecuali ....
a. sisi tertukar
b. maya, tegak
c. semakin besar
d. jarak benda ke cermin = jarak bayangan ke cermin

Soal di atas adalah sebuah soal yang mempunyai sebuah pengertian tentang yang bukan termasuk sebuah sifat bayangan yang dibuat cermin datar. 

Pada bagian bawah ada sebuah daftar jawaban terkait dengan Soal IPA Kelas 5 SD dan Pembahasan tersebut. Dari kelima jawaban tersebut hanya satu yang merupakah jawaban yang paling tepat. Yang mana?

Ya, itulah tadi sesi latihan kita kali ini. Adik-adik jangan pusing ya. Santai saja. Ini kan hanya latihan. Yang terpenting kita mempersiapkan diri. Supaya lebih paham. Nah, kalau sudah selesai silahkan lanjut ke beberapa latihan berikutnya.