Soal Essay Matematika Kelas 3 dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Essay Matematika SD Kelas 3 - Siapa yang mau pintar pasti rajin belajar. Murid yang ingin pintar, ingin mendapat nilai bagus, ingin disayang guru dan orang tua pasti di ruah rajin belajar. Di rumah rajin membaca buku catatan, selain itu juga sering berlatih dengan soal-soal latihan.


Nah, bagi yang ingin latihan, berikut ini adalah soal tentang operasi hitung bilangan yang merupakan soal matematika. Soal latihan berikut adalah untuk adik-adik pelajar sd khususnya kelas 3. Sudah siap ikut latihan kita kali ini, berikut soal selengkapnya. Selesaikan soal cerita berikut!

1) Ibu guru membawa 42 lembar kertas, akan di berikan kepada 7 siswa yang mengikuti ulangan perbaikan. Berapa lembar kertas yang di berikan kepada tiap siswa agar mendapat sama banyak?

Soal di atas adalah sebuah soal yang mempunyai pengertian tentang banyak lembar yang harus diberikan kepada siswa agar jumlahnya sama rata. Pada sebuah soal cerita di ats ibu guru mempunyai sebuah soal sebanyak 42 lembar, sedang jumlah siwa sebanyak 7 siswa, berapakah lembar soal yang harus diterima oleh masing-masing siswa..?

2) Bu De membagikan 27 permen kepada 9 keponakannya. Masing-masing keponakan mendapat sama banyak. Berapa permen yang di terima masing-masing keponakan Bu De?

Soal dia atas adalah soal cerita tentang sebuah pertanyaan terkait berapa banyak jumlah permen yang diterima masing-masing ponakan. Pada soal di atas bude mempunyai sebuah permen sebanyak 27, sedangkan jumlah ponakannya sebanyak 9 anak, berapakah permen yang harus diterima oleh masing-masing ponakan tersebut..?

3) Pada saat upacara bendera, kami siswa kelas 3 membentuk 4 barisan. Banyak siswa kelas 3 ada 32 murid. Menurut kalian tiap barisan ada berapa siswa?

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah banyaknya masing-masing baris siwa kelas 3. Yang mana pada soal di atas memberikan sebuah keterangan bahwa banyaknya murid kelas 3 adalah 32, sedang banyaknya barisan yang dibuat sebanyak 4 baris. Berapakah jumlah isi anak dalam masing-masing barisan tersebut..?

4) Pedagang beras mempunyai persediaan 8 karung beras. Berat seluruh beras 73 Kg. Berapa Kg tiap karung beras?

Soal di atas adalah soal terkait dengan sebuah pertannyaan tentang sebuah berat masing-masing dari pada karung tersebut. Yang mana pada soal di atas dijelaskan ada sebuah persedian beras sebanyak 8 karung, dan jumlah berat keseluruhan ke-8 karung tersebut adalah 73 Kg, berapakah berat masing-masing karung tersebut..? 

5) Ada 54 kue yang akan di masukan ke dalam kantong plastik. Tiap kantong plastik memuat 6 kue. Berapa kantong palstik yang harus di sediakan untuk membungkus semua kue?

Soal di atas adalah soal yang memberikan sebuah inti maksud tentang berapakah banyak kantong plastik yang dibutuhkan untuk membungkus kue. Pada soal cerita di atas dijelaskan bahwa banyaknya kue sebanyak 54 kue, dan 1 kantong plastik memuat sebanyak 6 kue. Berapakah jumlah plastik yang dibutuhkan untuk membungkus kue..?

6) Amin mempunyai 9 kotak berisi klereng. Setiap kotak berisi  5 klereng. 15 klereng di berikan kepada adik. Berapa sisa klereng Amin sekarang?

Soal di atas adalah soal terkait dengan sebuah pengertian tentang banyak jumlah kelereng dari sisa setelah diberikan kepada adik. Yang mana Amnin memberikan 15 kelereng kepada adiknya, sedangkan jumlah keseluruhan kelereng sebelum diberikan kepada adik sebanyak 9 kotak, masing-masing kotak berisi sebanyak 5 biji klereng. Berapakah sisa dari kelereng yang dimiliki Amin..?

7) Ibu membagikan 12 permen kepada ke tiga anak dengan sama banyak. Indra anak bungsu mendapat tambahan 2 permen dari kakak. Berapa jumlah permen Indra yang di dapat?

Soal di atas adalah soal yang mempunyai sebuah inti permasalahan terkait dengan berapa jumlah permen yang Indra dapat. Yang mana pada soal cerita di atas menjelaskan bahwa ibu memberikan 3 anaknya dengan permen sebanyak 12 biji. Sedangkan kakak Indra memberikan 2 permen tambahan kepada Indra, berapakah jumah permen yang didapat Indra..?

8) Di kelas 3 terdapat 7 deret meja, tiap deret terdapat 5 meja. Dari keseluruhan meja ada 4 meja yang rusak. Berapa meja yang tidak rusak?

Soal di atas adalah sebuah soal yang mempunyai sebuah inti permasalahan tentang berapa jumlah meja yang tidak rusak. Seperti yang sudah diterangkan di dalam soal cerita di atas, bahwa kelas 3 mempunyai 7 deret meja, sedangkan masing-masing deret meja berjumlah 5 meja, dan ada 4 yang rusak dari keseluruhan jumlah meja. Berapakah jumlah meja yang tidak rusak..?

9) Pak Tani mempunyai 3 petak sawah. Setiap sawah menghasilkan 5 karung gabah, berpa karung gabah yang di dapat Pak Tani?

Soal di atas adalah sebuah soal yang mempunyai sebuah inti permasalahan tentang berapa karang gabah yang didapat oleh pak tani. Karena sesuai dengan crita di atas pak tani mempunyai 3 petak sawah dan setiap sawahnya mampu menghasilkan sebuah gaba sebanyak 5 karung. Berapakah keseluruhan hasil gabah dari ketiga sawah yang dimiliki oleh pak tani..?

10) Maulana memiliki 20 buku tulis dan di bagikan kepda kedua anaknya dengan sama banyak. Anak pertama mengambil 2 buku tulis lagi dari anak kedua. Berapa buku yang di dapat anak pertama?

Soal di atas adalah sebuah Soal Essay Kelas 3 dan Pembahasan terkait dengan sebuah inti permasalahan tentang berapa banyak buku yang didapat oleh anak pertama. 

Yang mana pada cerita di atas menjelaskan tentang ibu yang memberikan buku sebanyak 20 buku kepada 2 anaknya dengans sama banyak. Sedang anak pertama mengambil buku dari anak ke-2 sebanyak 2 buku, berapakah jumlah buku tulis yang dimiliki oleh anak pertama..?