Soal Esai IPA Kelas 5 SD dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Esai Pelajaran IPA Kelas 5 SD dan Pembahasan - Yang berikutnya kita akan berlatih juga dengan soal essay ipa untuk pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Soal ini untuk latihan adik-adik pelajar sekolah dasar khususnya kelas 5. 


Bagi yang ingin pintar silahkan coba dikerjakan soal latihan tersebut dengan baik dan benar. Jangan lupa ya, selain mengerjakan soal-soal seperti ini adik-adik juga harus tetap belajar secara rutin. 

Di rumah sering mengulang pelajaran yang dijelaskan oleh bapak dan ibu guru di sekolah. Buku catatan yang ada di baca kembali agar paham.

Dengan begitu kalau sudah biasa dan rajin belajar biasanya lebih pintar dan nilainya akan lebih bagus. Nah, untuk latihan kali ini adalah soal esai dan isian. Soalnya agak banyak tapi pasti adik-adik bisa mengerjakan semua soal tersebut. Sudah siap, silahkan kerjakan soal berikut sesuai perintah.

I. Isilah titik-titik dibawah ini dengan tepat!

1) Jungkat-jungkit merupakan pengungkit jenis ....
2) Bayangan benda yang tidak dapat ditangkap oleh layar disebut bayangan ....
3) Warna cahaya putih terdiri atas warna-warna ....
4) Cahaya yang dibiaskan dari optik kurang rapat (udara) menuju optik lebih rapat (air) akan dibiaskan ....
Ke-4 soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah mata pelajaran IPA. Yang mana soal di atas mempunyai sebuah maksud sebagai soal esai, atau sebuah soal yang tidak dilengkapi dengan sebuah pilihan jawaban. Anda diperkenankan untuk mengisinya dengan sebuah jawaban yang menurut anda benar.

Soal di atas mencangkup tentang sebuah jenis jungkat jungkit, jenis bayangan, dan terkait cahaya. Yang mana soal tersebut anda isi dengan sebuah jawaban yang tepat sesuai dengan jawaban yang menurut anda benar.

5. Peristiwa pembelokan cahaya melalui optik yang berbeda disebut ....
6. Sisa makhluk hidup yang telah membusuk dan bercampur dengan tanah disebut ....
7. Lapisan bumi yang paling luar disebut ....
8. Peristiwa alam yang berupa perubahan wujud air yang terjadi secara terus-menerus dan berulang-ulang disebut ....

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah nama sebutan pristiwa pembelokan optik, sebutan untuk sebuah mahluk hidup yang sudah membusuk tercampur dengan tanah, sebuah istilah untuk lapisan bumi paling luar, dan sebuah pristiwa alam yang terkait dengan perubahan perwujudan air.

Dalam kaitannya dengan soal-soal di atas adalah soal yang bisa menjadi sebuah pembelajaran dalam menghadapi ulangan di sekolah. dengan mempelajarinya secara rutin di rumah,maka akan memudahkan anda dalam mengerjakan soal anda di sekolah, pada waktu ulangan sedang berjalan di kelas.
 
9. Batuan konglomerat, batuan serpih, batuan breksi, batu pasir, batu kapur termasuk jenis batuan...
10. Batuan yang hancur akibat perubahan cuaca disebut pelapukan ....

Soal di atas adalah soal yang menjelaskan tentang sebuah jenis batuan. Yang mana sperti yang kita ketahui bahwa jenis dalam batu memang beragam, dan adapun pada pertanynyaan di atas anda di suruh untuk menyebutkan sebuah jenis batuan yang terkait dengan batuan di atas. Adapun soal yang kedua adalah sebuah jenis pelapukan yang diakibatkan oleh pelapukan.

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan tiga (3) cara untuk memperkecil gesekan!
2. Sebutkan tiga (3) peristiwa alam yang diakibatkan oleh air!
3. Sebutkan tiga (3) kegiatan manusia yang dapat merusak/ mengubah permukaan bumi!
4. Sebutkan tiga (3) sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!

Soal di atas adalah soal yang mempunyai sebuah perintah untuk menyebutkan sesuatu terkait dengan soal di atas. Anda hanya diperkenankan untuk menyebutkan sebuah jawaban sesuai dengan printah dari soal tersebut. Sehingga apabila jawaban anda kurang dari 3 maka jawaban anda tentu kurang.

Soal di atas adalah soal yang mempunyai sebuah pengertian tentang cara memperkecil gesekan dengan, pristiwa alam yang diakibatkan oleh air, kegiatan manusia yang dapat merusak, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Dan semua soal tersebut mempunyai jawaban 3 yang harus anda berikan.

5. Bagaimana cara kerja periskop? Jelaskan!
6. Sebutkan warna yang dihasilkan oleh Cakram Warna ketika diputar!
7. Sebutkan contoh barang tambang dari sisa-sisa mahluk hidup yang terpendam ratusan tahun dalam perut bumi!

Soal di atas adalah soal terkait dengan sebuah cara kerja sebuah periskop beserta sebuah penjelasan, sebuah warna yang dihasilkan oleh cakram, dan berupa contih terkait dengan sebuah barang tambang dari sisa mahluk yang sudah berusia ratusan tahun yang lalu. Jawablah dengan benar.

8. Berikan contoh batuan metamorf!
9. Berikan sumber daya alam yang dapat diperbarui!
10. Birkan contoh sumber daya yang tidak dapat diperbarui!

Soal di atas adalah soal esai ipa kelas 5 yang mempunyai sebuah pengertian tentang contoh batuan metamorf yang ada, sebuah contoh sumber daya yang bisa diperbaharui, dan sebuah contoh sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Berikan jawaban anda dengan baik dan benar.