Soal Latihan IPA Kelas 5 SD

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Latihan IPA SD Kelas 5 - Kali ini kita akan belajar mengingat kembali salah satu materi pelajaran IPA yaitu materi tentang tumbuhan hijau. Kita akan berlatih mengerjakan soal latihan untuk pelajaran tersebut. Latihan ini khusus untuk adik-adik kelas 5 sekolah dasar yang ingin pintar.


Latihan soal seperti ini memang tidak dinilai, tetapi latihan seperti ini akan menambah pemahaman terhadap materi yang sudah diajarkan oleh bapak dan ibu guru di sekolah. Jadi, kalau di sekolah sudah mendengarkan penjelasan guru, di rumah sudah rajin membaca buku catatan maka dengan latihan soal akan lebih sempurna.

Tidak disertai dengan jawaban, adik-adik harus belajar mengerjakan sendiri soal ini. kalau bisa itu berarti adik-adik sudah paham dan kalau tidak bisa itu berarti adik-adik semua harus membaca kembali buku catatan atau buku cetak di rumah. sekarang, silahkan kerjakan soal dibawah ini untuk menguji pemahaman materi yang telah dipelajari!

Deni, Dina dan Andi senang memelihara jenis tanaman yang sama dalam pot. Mereka meletakan tanaman di kamar tidur. Berikut ini cara mereka memelihara tanamannya. Deni meletakan pot di sudut kamar yang jauh dari jendela. 

Selain menyiram secukupnya Deni juga mengeluarkan tanaman seminggu sekali. Dina meletakan pot di dekat jendela. Selain menyiram secukupnya , Dina mengeluarkan tanaman seminggu dua kali. Andi meletakan pot di dekat lemari yang jauh dari jendela. Selain menyiram secukupnya Andi mengeluarkan bunga seminggu dua kali.

1) Setelah berlangsung kira-kira dua bulan, tanaman siapakah yang tumbuh paling subur? berikan alasanmu!
2) Tanaman siapakah yang paling tidak subur? berikan alasanmu?

Di atas adalah sebuah soal cerita tentang materi ulangan IPA terkait dengan sebuah pertumbuhan bunga. Yang mana dalam sial di atas menjelaskan bahwa ada 3 orang anak-anak yang masing-masing memelihara bunga dengan sebuah sistem perawatan yang berbeda.

Ada yang meletakan di samping jendela dan ada yang tidak. Ada yang mengeluarkannya di bawah terik seminggu sekali dan 2 minggu sekali. Namun pemebrian air atau penyiraman yang mereka lakukan sama-sama secukupnya.

Terkait dengan sebuah soal nomer satu anda diperintahkan unuk memperediksikan sebuah tanaman bungan yang mereka tanam. Yang mana dalam jangka watu selama 2 bulan tanaman siapakah yang paling tumbuh subur..?

Adapun terkait dengan soal yang nomer dua yaitu mempunyai sebuah pengertian tanaman milik siapa yang paling tidak subur..?

3) Di kota-kota besar, gedung-gedung dan jalan-jalan raya terus dibangun. Namun demikian, disela-sela lahan yang sempit dan tetap diusahakan untuk ditanami berbagai tumbuhan. Apakah tujuannya?

Dalam kota-kota besar tentu kita semua sering melihat tentang banyaknya gedung-geduang dan jalan-jalan yang sudah dibeton. Namun di sisi lain ada tanaman berupa pepohonan yang sengaja di tanaman, baik itu dipingging-pinggir terotorar ataupun di tempat khusus. Apa tujuan dari pada penanaman pepohonan tersebut..?

4) Apabila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau, kita tidak dapat berpakaian dengan nyaman. Mengapa demikian? Coba jelaskan?

Begitu besar manfaat dari tumbuhan hijau, bukan hanya bagi bumi ssaja tetapi juga bagi kita. Hingga kurangnya tumbuhan hijau akan membuat kita semua kurang nyaman dalam berpakaian. Terkait dengan hal tersebut apa penyebab dari kurangnya nyamannya berpakaian yang diakibatkan oleh tumbuhan hijau, jelaskan..!

Demikian tadi latihan kita kali ini. Jangan lupa, masih ada banyak Soal Latihan IPA Kelas 5 SD lain yang bisa adik-adik pelajari. Silahkan cari saja dibagian pencarian situs. Setelah itu pilih saja soal - soal yang ingin dipelajari.