Soal Esai IPA Kelas 2 SD Semester 1 dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Esai IPA Kelas 2 SD Semester 1 dan Pembahasan - Bebebrapa waktu lalu kita sudah banyak latihan dengan soal pilihan ganda, maka dari itu kali ini kita akan melengkapi latihan tersebut dengan soal isian dan esai

Soal ini masih untuk adik-adik sekolah dasar (SD) khususnya untuk kelas 2. Materi yang ada di latihan kali ini masih diambil dari materi untuk semester ganjil atau semester 1, jadi bisa dilihat catatannya.

Kalau untuk soal esai dan isian soal-nya tidak banyak. Latihan ini hanya ada 5 soal saja tetapi harus dikerjakan dengan baik dan benar ya. Meski hanya latihan dan tidak dinilai tetapi ini sangat penting agar adik-adik semua bisa cepat memahami materi yang diajarkan di sekolah.

Kalau nanti ada soal yang tidak bisa dikerjakan silahkan ditinggalkan dulu, lanjut ke soal berikutnya. Kalau sudah sampai soal terakhir tinggal dilihat lagi soal mana saja yang tidak bisa dikerjakan.

Setelah itu, adik-adik bisa membuka catatan atau buku cetak di rumah untuk mencari jawaban atau penjelasan materi dari soal-soal yang tidak bisa dikerjakan. Kalau sudah mendapatkan penjelasan dan coba dimengerti adik-adik bisa mencoba mengerjakan lagi soal tadi.

Sulit tidak ya soalnya, kalau sudah belajar rajin pasti tidak sulit kok. Sekarang silahkan dimulai. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar untuk latihan di rumah agar mendapat nilai yang bagus!

1) Tubuh anak ayam lebih … dari pada tubuh induknya.
Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah ciri khusus yang ada pada anak dan induknya. Yang aman pada soal di atas menerangkan pada bagian tubuh. Terkait dengan hal tersebut bagaimanakah jawaban anda terkait dengan soal tubuh anak ayam lebih... dari pada tubuh induk.

2) Rambut panjang di kepala dan leher kuda disebut…
Salah satu yang khas dari pada kemampuan berlari pada kuda adalah rambut yang ada pada kepala dan lehernya. Dan rambut tersebut menambah keelokan kuda karena tertata dengan rapih. Terkait dengan sebuah pertannyaan di atas apakah nama dari pada sebuah rambut yang tumbuh di leher dan kepala pada kuda..?

3) Tubuh hewan di bawah ini ditutupi oleh…

4) Kaki kambing berjumlah…
Terkait dengan soal di atas adalah sebuah soal yang menjelaskan dari pada ciri dari pada hewan kambing. Menurut sepengetahuan kalian berapakah jumlah kaki yang ada pada kambing, apakah dua atau tiga dan atau bahkan empat. Isilah soal tersebut dengan baik dan benar pada bagian titik tersebut.

5) Hewan yang hidup di darat dan di air disebut......
Soal di atas adalah sebuah  soal terkait dengan sebuah jenis hewan. Yang mana jenis hewan yang dimaksud dari pada soal di atas adalah jenis hewan yang mampu hidup di darat dan di air. Terkait dengan hal tersebut, jenis hewan apakah yang bisa hidup di air dan di darat..?

II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1) Bagaimana ciri-ciri hewan yang tumbuh?
Soal di atas adalah soal terkait dengan sebuah ciri dari pada hewan yang bertumbuh. Yang mana tentulah ada perbedaan dari pada hewan yang tumbuh dan hewan yang tidak bertumbuh. Terkait dengan pertannyaan di atas bagaimanakah ciri-ciri dari hewan yang tumbuh..?

2) Sebutkan bagian-bagian tubuh burung?
Soal di atas adalah sebuah soal yang mempunyai sebuah pengertian tentang bagian-bagian yang ada pada burung. Dan di dalam perintahnya ada di suruh untuk menyebutkan semua bagian-bagian yang ada pada burung secara lengkap. Yang terntunya bagian-bagian tersebut adalah bagian-bagian yang memang ada pada tubuh burung.

3) Bagaimana cara kucing berkembang biak?
Begitu layknya hewan-hewan yang pada umumnya yang ada di dunia ini adalah berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Sehingga hanya dengan cara inilah jenis hewan tidak mudah punah. 

Berkembang biak sebuah hewan dengan hewan yang lainnya memang berbeda ada yang bertelur dan ada juga yang beranak. Terkait dengan soal di atas adalah dengan cara apakah kucing berkembang biak..?

4) Kenapa katak disebut hewan amfibi?
Soal di atas adalah soal terkait dengan hewan katak yang di sebuah hewan ampibi. Yang mana dalam perintah soal tersebut anda disuruh untuk meberikan sebuah alasan tentang mengapa katak di sebut sebagai hewan ampibi. Jadi mengapa katak bisa dikatakan sebagai hewan ampibi..?

5) Bagaimana cara ikan bergerak?
Soal di atas adalah soal terkait dengan sebuah cara hewan ikan bergerak. Yang mana bila kita perhatikan ikan adalah hewan yang tidak mempunyai sebuah kaki ataupun tangan. Terkait dengan sebuah pertannyaan di atas, bagaimanakah ikan bisa bergerak..? 

Soal Esai IPA Kelas 2 SD Semester 1 dan Pembahasan

Lima soal esai IPA. Sudah dilengkapi dengan penjelasan juga. Pasti bisa dengan mudah dikerjakan untuk latihan ya. Adik-adik yang ingin berlatih bisa langsung mengerjakan soal di atas. Jika sudah silahkan kerjakan juga beberapa latihan lain yang ada di bawah.