Soal PG Geografi Kelas 10 SMA

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Pilihan Ganda (PG) Geografi Kelas X SMA - Semakin banyak berlatih kan semakin bagus ya, bisa semakin hafal dengan materi yang dipelajari. Makanya kita bisa membuat jadwal sendiri untuk latihan soal agar kita bisa lebih paham dengan materi pelajaran. 

Khusus untuk rekan pelajar SMA, kali ini kita akan berlatih dengan soal pilihan ganda (pg) untuk mata pelajaran geografi. Latihan kita kali ini yaitu untuk pelajar atau siswa kelas X atau kelas 1 sma atau kelas 10 SMA.

Sama dengan latihan kita sebelumnya, disini kita akan membahas sepuluh soal pilihan yang masing-masing soalnya akan dijelaskan lebih rinci. Mohon maaf sekali karena latihan kita kali ini tidak disertai dengan jawaban, jadi hanya bisa digunakan untuk uji coba kemampuan saja.

Soal yang akan kita kerjakan ini diambil dari berbagai materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Kalau nanti ada yang tidak bisa dijawab maka selanjutnya rekan semua bisa membuka kembali buku catatan atau buku teks yang dimiliki. 

Dengan mempelajari kembali materi soal yang tidak bisa dijawab diharapkan jika menemui soal serupa lain waktu bisa dikerjakan dengan mudah.

Kalau secara rutin dikerjakan, dari sekian banyak latihan soal yang pernah kita pelajari pasti ada yang pada akhirnya benar-benar kita pahami. 

Dengan begitu, jika tipe soal yang sama ditemui ketika ujian semester atau lainnya rekan semua bisa menjawabnya dengan benar. Sekarang mari kita mulai mengerjakan soal tersebut.

1. Sebuah sistem yang mencakup seluruh makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya sebagai kesatuan yang utuh disebut ….
A. biosfer
B. atmosfer
C. geosfer
D. litosfer
E. antroposfer

Banyak macam sistem dalam sebuah galaksi yang mempunyai fungsi masing-masing. Diantara sebuah fungsi dari pada sitem tersebut adalah sebagai suatu cakupan antara mahluk hidup dan lingkungan. 

Pertanyaan pada soal diatas mempunyai maksud sistem yang mencangkupseluruh mahluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungan, di sebuah apakah sistem tersebut..? Tahu kan kunci jawabannya?

2.Unsur aksesbilitas artinya ….
A. adanya peralatan teknologi                       
B. banyaknya jalan raya                                 
C. kemudahan untuk dijangkau
D. adanya interaksi                            
E. adanya karakteristik

Di dalam sebuah mata pelajaran geografi adalah sebuah istilah aksesbilitas, dan persis seperti yang sudah disebutkan pada soal di atas. Soal tersebut mempunyai sebuah maksud dan sebuah pengertian tentang arti dari unsur aksesbiliitas.

3. Karakteristik yang khas di daerah tepian laut dengan pantai yang terjal tertulis di bawah ini kecuali ….
A. pantainta curam     
B. baik untuk pelabuhan        
C. penghasil cengkeh 
D. penghasil kelapa
E. Pantainya landai

Soal ini mempunyai sebuah maksud mengenai karakteristik atau sebuah ciri dari darerah tepian laut dengan pantai yang terjal. Di bawah ini adalah sebuah karakteristi dari pada tepian laut dengan pantai yang terjal. 

Pada bagian terakhir kalimat tanya tersebut adalah sebuah kata kecuali, atinya maksud dari soal ini adalah yang bukan termasuk karakteristik dari sebuah daerah tepian laut dengan pantai yang terjal adalah..?

4. Contoh lingkungan fisik ialah .....
A. manusia     
B. hewan
C. tumbuhan
D. budaya
E. iklim

Dalam mata pelajaran ilmu geografi ada sebuah istilah tentang lingkungan fisik, seperti yang sudah tercantum di atas. Maksud dari pada sebuah soal tersebut adalah memberikan sebuah printah mencari contoh dari pada lingkungan fisik.

5. Ilmu yang mempelajari berbagai bentuk gejala mengenai air di permukaan bumi dan di bawah tanah disebut .....
A. hidrologi    
B. geomorfologi
C. oceanografi
D. hartografi
E. meteorologi

Banyak sebuah cabang ilmu yang mempelajari alam diantanya meliputi tentang sebuah pengkajian mengenai gejala air, permukaan bumi, dan bagian bawah tanah. Pertanyaannya adalah disebut ilmu apakah yang mempelajari tentang gejala mengenai air, permukaan bumi, dan juga bagian bawah tanah..?

6. Termasuk dalam geografi teknik adalah .....
A. geologi
B. kartografi   
C. geomorfologi
D. fredologi
E. meteorologi

Maksud dari pada soal ini adalah sebuah cabang ilmu yang mengkaji tentang geografi tehnik adalah. Dan nama-nama cabang ilmu yang ada di bawah ini adalah salah satu cabang ilmu tentang geografi tehnik.

7. Manfaat geografi dalam aspek industri, untuk menentukan …..
A. lokasi industri        
C. jumlah produksi
E. hasil industri
B. kualitas bahan baku
D. besarnya industri

Banyak sebuah fungsi dan manfaat yang ada pada ilmu geografi, yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Salah satu sebuah manfaat yang bisa didapatkan oleh manusia dari cabang ilmu geografi ini adalah berguna bagi sebuah kehidupan industri. Pada bagian industri apakah fungsi dari geografi tersebut..?

8. Planet yang suhunya paling tinggi ialah …..
A. mercurius   
B. neptunus
C. pluto
D. Uranus
E. yupiter

Galaksi memang terdapat sebuah macam-maca planet yang mempunyai sebuah sifat-sifat yang berbeda. Yang mana ada yang memiliki sebuah bentuk lebih besar dan juga lebih kecil, ada juga yang memiliki sebuah gaya grafitasi dan tidak memiliki gaya grafitasi. 

Dan ada pula yang memiliki sebuah suhu yang rendah maupun tinggi. Di bawah ini ada sebuah daftar tentang nama-nama planet. Diantara dari nama-nama planet tersebut ada sebuah planet yang mempunyai suhu paling tinggi, planet apakah itu..?

9. Korona ialah bagian atmosfer matahari yang berada di nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Atmosfer adalah sebuah lapisan-lapisan yang memang sangat berfungsi bagi sebuha kelangsungan hidup mahluk hidup yang ada dibumi. Karena dengan adanya atmosfer ini panas dari matahari dapat dinetralisir hingga panas matahari yang sampai ke bumi tidaklah  teramat-amat sangat panas. Salah satu lapisan yang ada pada atmosfer adalah korona, dibagian lapisan keberapakah korona pada bagian atmosfer..?

10. Termasuk dalam Outerplanet, kecuali ….
A. uranus
C.pluto
E.merkurius
B. neptunus    
D.saturnus

Maksud dari soal ini adalah sebuah soal yang mempunyai arti tentang outplanet. Yang mana di bawah ini sudah ada beberapa nama planet yang termasuk ke dalam outplanet. 

Soal tersebut memberikan pengertian tentang planet yang tidak termasuk ke dalam outplanet, mengapa demikian karena dibagian akhir terdapat kata kecuali.

Contoh Soal PG Geografi Kelas 10 SMA

Demikianlah tadi 10 soal pilihan ganda geografi kelas 10 yang bisa rekan semua pelajari. Lain waktu akan kita bahas lebih jauh soal - soal di atas agar mendapatkan jawaban yang tepat. Sementara silahkan dikerjakan.