Soal UN Bahasa Inggris dan Jawaban, Narrative dan Procedure Text

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Sejatinya, sebelum membahas mengenai Soal UN Bahasa Inggris dan Jawaban ini ada ponakan yang terus saja memaksa mencarikan sumber belajar khusus untuk latihan soal ujian nasional UN SMA. Namun karena terbatasnya waktu maka saya baru sempat membahas mengenai berbagai latihan soal un bahasa inggris yang satu ini.

Lain waktu tentu saja akan terus berusaha menyiapkan dan mencarikan rujukan untuk berbagai latihan soal yang banyak dibutuhkan. 

Latihan soal untuk persiapan ujian nasional mata pelajaran bahasa Inggris ini tentunya akan berisi soal-soal yang diambil dari berbagai materi pelajaran yang pernah di ajarkan di sekolah.

Di dalamnya tentu saja ada banyak sekali materi bahasa Inggris yang mungkin akan dijadikan sumber soal. Untuk itu biasanya kita menggunakan kisi-kisi soal ujian sebagai pedoman dalam menyiapkan latihan-latihan pendalaman materi yang ada.

Tanpa harus melakukan hal yang tidak benar, misalnya mencari bocoran soal kita bisa menyiapkan diri dengan baik agar hasil ujian bisa sesuai harapan.

Diantara hal-hal yang bisa kita lakukan untuk membekali diri dan mempersiapkan kemampuan untuk menghadapi ujian tersebut kita dapat melakukan beberapa hal berikut!

1) Mengikuti les privat bahasa Inggris di sekolah
2) Ikut kursus persiapan ujian nasional
3) Mempelajari kisi-kisi soal untuk penguatan
4) Mempelajari soal ujian tahun lalu

Dalam menghadapi ujian akhir sangat penting untuk meningkatkan pemahaman terhadap berbagai materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

Maka dari itu baik itu latihan soal maupun review materi pelajaran sangat perlu di lakukan oleh para siswa. Tidak terkecuali dengan UN bahasa Inggris SMA maupun SMP dan lainnya.

A. Contoh soal un narrative dan jawaban

Sekarang ini untuk sementara akan kita bahas terlebih dahulu khusus yang untuk soal un narrative text sma terlebih dahulu. Dalam contoh soal ini kita akan mengambil contoh soal-soal bahasa inggris tahun lalu yang diujikan dalam ujian nasional khusus untuk sekolah menengah atas.

Tujuannya yaitu untuk menambah referensi bahan latihan kita semua dalam mempersiapkan ujian akhir yang sudah tinggal menghitung hari lagi.

Dengan begitu kita bisa mengukur kemampuan serta melatih pemahaman kita terhadap berbagai materi yang pernah dipelajari khususnya untuk materi narrative text bahasa Inggris.

The Good Stepmother
The old witch locked Hansel in a cage and set Gretel to clean the house. She planned to eat them both. Each night the children cried and begged the witch to let them go.

Meanwhile, at home, their stepmother was beginning to wish she had never tried to get rid of the children. “I must find them,” she said and set off into the forest.

Many hours later, when her feet were tired from walking and her lips were dry from thirst, she came to the cottage belonging to the witch. The stepmother peeped though the window. Her heart cried out when she saw the two children.

She picked up the broom leaning against the door and crept inside. The witch was putting some stew in the oven when the stepmother gave her an almighty push. The witch fell into the oven and the stepmother shut the door.

‘Children, I have come to save you,’ she said hugging them tightly. I have done a dreadful thing.

I hope in time you will forgive me. Let me take you home and become a family again. They returned to their home and the stepmother became the best mother anyone could wish to have, and of course they lived happily ever after!

1. The story is about a stepmother who ……
a. cried every night
b. planned to eat her children
c. begged a witch for money
d. tried to run away from a witch
e. saved her children from a witch

2. Which statement is TRUE about the step mother?
a. She was the witch’s friend.
b. She loved her stepchildren.
c. She hit the witch with a broom.
d. She locked her children in a cage.
e. She visited the witch to see her children.

3. “The witch fell into the oven and the stepmother shut the door.” (Paragraph 4)
The underlined word can be replaced by the word …………..
a. Closed 
b. opened 
c. painted
d.Marked 
e.polished

4. How did the witch die?
a. She was burn in the oven.
b. She was trapped in a cage.
c. She was hit with a broom.
d. She was locked in her house.
e. She was pushed against the wall.

Soal di atas hanya sebagai contoh soal un narrative sma dan jawaban yang bisa dipelajari bersama-sama sebelum menghadapi ujian.

Perlu diingat, tujuan utama dari latihan seperti ini adalah untuk pengayaan materi yaitu untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap materi yang diajarkan. Jadi tidak ada kaitannya sama sekali dengan soal un yang akan kita kerjakan nantinya.

Download contoh soal un narrative
Bagi rekan yang ingin mempelajari soal ini dengan lengkap mulai dari soal nomor satu sampai soal terakhir maka bisa langsung melakukan download latihan yang ada.

Sementara ini di situs ini belum tersedia secara lengkap berbagai latihan yang bisa digunakan. Namun demikian ada beberapa yang sudah bisa di pelajari melalui download terlebih dahulu.

Narrative dan Procedure Text UN Bahasa Inggris SMA

Gambar di atas merupakan penggalan latihan soal unas sma yang diambil dari soal-soal tahun sebelumnya. Untuk melengkapi latihan kita maka silahkan cari soal un bahasa inggris dan jawaban yang dibutuhkan untuk kemudian bisa dikerjakan di rumah. Dengan begitu kita bisa lebih leluasa dalam mempelajari berbagai jenis dan tipe soal yang kita inginkan.

B. Latihan soal un procedure text sma

Selain soal bahasa inggris di atas kita juga bisa mempersiapkan diri untuk mempelajari beberapa soal dengan tema berbeda misalnya sebut saja soal un bahasa inggris procedure text sma dan jawaban. Dengan soal ini kita bisa meningkatkan pemahaman bahasa Inggris khususnya untuk materi tersebut.

Di dalamnya kita akan bisa mengingat kembali pengertian, ciri-ciri, fungsi, generic structure dan berbagai unsur kebahasaan lain yang berkaitan dengan procedure text.

Kita juga bisa berlatih untuk mengerjakan berbagai soal cerita yang membahas mengenai materi tersebut secara lebih lengkap lagi. Beberapa contoh soalnya seperti di bawah ini. 

White Chicken Curry

INGREDIENTS
1 Small chicken, cut into pieces
2 cups fresh coconut milk (or 200 ml thick coconut milk and 200 ml water)

GRINDED SPICES
Shallots, garlic, galangal, lemongrass, cumin, salt, pepper, coriander

COOKING DIRECTIONS
Boil chicken. Allow 2 cups of broth to remain in the pot.
Fry the grinded spices with 2 spoons of vegetable oil.
Add the spices into the boiled chicken; turn to low heat until it is tender.
Add the coconut milk, stir, continue simmer to enhance flavor.
Serve your white chicken curry while hot.

1. What is the text about?
A. How to grind spices
B. How to fry chicken
C. How to make thick coconut milk
D. How to cook white chicken curry

Pembahasan :
Teks tersebut berupa resep cara membuat opor ayam (white chicken curry).

2. Why do we need to simmer after adding coconut milk?
A. To make the chicken tender
B. To get attractive color
C. To make the curry spicy
D. To enhance flavor

Pembahasan :
Tujuannya adalah agar santan meresap sehingga rasanya lebih lezat, sebagaimana tertulis dalam teks “Add the coconut milk, stir, continue simmer to enhance flavor.”

3. “… turn to low heat until it is tender.” The word it refers to…
A. heat
B. spice
C. chicken
D. vegetable oil
Pembahasan : Yang menjadi empuk adalah chicken

Itulah sedikit latihan atau contoh untuk soal-soal yang berkaitan dengan procedure text. Dari beberapa soal tersebut kita tentu bisa mempelajari ciri atau bentuk soal yang biasa dikeluarkan untuk ujian - ujian mata pelajaran bahasa Inggris.

Tentu saja, beberapa contoh tersebut masih jauh dari cukup sehingga kita masih perlu mencari lebih banyak lagi soal lain sebagai referensi dan bahan belajar.

Sama dengan jenis soal narrative, kita juga dapat mencari contoh dan latihan lain materi ini yang lebih banyak dan lebih lengkap dengan cara mencari dan mendownload soal tersebut dari situs di internet.

Dengan begitu semakin lengkap bahan belajar yang bisa kita dapatkan. Nah, kali ini itu saja pembahasan kita mengenai soal un bahasa inggris sma ini. Mudah-mudahan sedikit perbincangan ini berkenan dan bermanfaat bagi rekan pelajar semua.