Soal Latihan UAS Matematika SD Kelas 3

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Latihan UAS Matematika SD Kelas 3 - Nah, ini dia yang paling susah, katanya sih... Tapi sebenarnya matematika itu tidak susah cuma agak rumit dikit, he e e... Untuk adik-adik pelajar SD yang ingin mempersiapkan diri mengikuti ujian sekolah (UAS) bisa berlatih dengan menggunakan contoh soal latihan berikut ini. 

Untuk latihan, contoh yang akan diberikan ini berupa soal isian, yaitu adik-adik harus melengkapi titik-titik dari soal yang diberikan. Latihan tersebut terdiri dari 10 soal tanpa jawaban. Selain tipe soal tersebut ada juga bentuk latihan kedua yaitu soal esai dimana adik-adik harus menjawab pertanyaan yang diberikan. Ingat, berlatih soal latihan UAS seperti ini sangat berguna sebagai persiapan adik-adik semua sebelum mengikuti ujian kenaikan kelas. Dengan belajar yang giat dan sering berlatih seperti ini pastinya adik-adik akan tambah pintar.

Yang perlu diingat adalah, 15 soal uas matematika ini hanya untuk latihan saja, mengerjakan soal ini saja tidak akan meningkatkan hasil belajar. Adik-adik harus belajar secara rutin dengan memahami materi yang diberikan dan juga berlatih. Dengan begitu pemahaman adik-adik semua akan terus bertambah. Dalam mengerjakan latihan ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu:

1. Pilih soal matematika yang mudah terlebih dahulu untuk dikerjakan
2. Coba kerjakan dengan menggunakan rumus matematika cepat
3. Tangan terburu-buru, pahami dulu soalnya baru dikerjakan
4. Tinggalkan yang sulit untuk dikerjakan terakhir

Inti dari latihan ini akan agar kita lebih paham dengan pelajaran yang diberikan, jadi jika ada soal yang tidak bisa dikerjakan silahkan cari materi dan bagaimana cara menyelesaikan atau menjawab soal tersebut. Itu saja, sekarang kalau sudah siap silahkan kerjakan latihannya di bawah ini.

Soal Latihan UAS Matematika Kelas 3 SD

A. Isilah titik-titik berikut ini dengan benar!
  1. Nama bilangan dari 3.725 adalah ....
  2. Lambang bilangan dari lima ribu tujuh ratus lima puluh adalah ....
  3. 8 ribuan + 3 ratusan + 3 satuan = ....
  4. 6 Kg + 9 ons = ....
  5. 1 Km = .... m
  6. Harga barang Rp.6.550,00; dibayar dengan empat lembar uang dua ribuan  maka kembalian uang tersebut adalah ....
  7. 88 + 40 - 40 = ....
  8. (42 + 58) : 25 = ....
  9. Hasil dari 120 : 40 x 5 = ....
  10. 5 Kg + 15 ons = ...
B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
  1. Tentukan hasil penjumlahan dari 784 + 951!
  2. Doni mengisi bak air sampai penuh. Kemudian digunakan untuk mandi sebanyak sebagian bak air tersebut. Berapa bagian bak air yang tersisa?
  3. Banyak penonton di Stadion pada hari sabtu adalah 2.678 orang, sedangkan pada hari minggu sebanyak 4.795 orang. Berapa banyak penonton dalam dua hari tersebut (sabtu dan minggu)?
  4. Yuli cantik mempunyai kain berbentuk persegi. Panjang sisinya 30 cm. Berapa Cm2 luas papan tersebut?
  5. Ruang aula di SDN Saya berbentuk persegi panjang. Ukuran panjangnya 23 meter dan lebar 12 meter. Berapa meter persegi luas ruangan aula tersebut?

    Untuk latihan ini tidak ada kunci jawabannya, jika ingin di koreksi maka bisa meminta bantuan rekan lain untuk didiskusikan. Jangan lupa cek juga dengan melihat materi yang diajarkan bapak atau ibu guru di sekolah.

    Setelah selesai jangan lupa pelajari juga beberapa soal latihan uas lainnya di bagian akhir soal ini. Supaya rekan lain juga bisa ikut berlatih adik-adik bisa membagikan soal ini di facebook atau twitter yang adik-adik miliki. Itu saja untuk kali ini, sampai bertemu pada latihan selanjutnya.