Contoh Soal Latihan Toeic Ets Listening dan Jawaban

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Listening Toeic Ets dan Jawaban - Hari ini kita akan kembali berlatih untuk tes bahasa Inggris yaitu toeic test. Jika anda berencana untuk mengikuti test ini dan ingin mempersiapkan dengan baik maka anda bisa belajar dengan contoh soal toeic yang akan diberikan. 

Contoh kali ini akan memperkuat pemahaman kita pada kemampuan mendengarkan atau listening. Sebenarnya, menurut beberapa analisa, jika anda melakukan latihan soal listening yang hanya seperti ini maka kemampuan anda tidak akan berkembang cepat. 

Anda bisa mempertajam kemampuan ini dengan melakukan kebiasaan pendukung yang akan meningkatkan kepekaan pendengaran yaitu antara lain:

1. Sering mendengarkan percakapan bahasa Inggris
2. Berlatih mengendalikan volume suara yang didengar

Untuk mempertajam kemampuan listening memang sangat disarankan untuk memperbanyak latihan mendengarkan percakapan bahasa Inggris.

Bukan hanya percakapan namun semua ucapan bahasa Inggris, hal ini akan membiasakan pendengaran kita pada pengucapan-pengucapan kata dan kalimat yang masih jarang didengarkan. Untuk latihan ini anda bisa memanfaatkan beberapa media seperti:

a. Film bahasa Inggris
b. Lagu bahasa Inggris
c. Berita televisi bahasa Inggris, dsb

Dengan memiliki dasar latihan seperti ini anda akan lebih mudah menyerap latihan soal dan jawaban yang akan dilakukan. Hal ini karena anda tidak akan mengalami kesulitan menangkap apa yang dikatakan seseorang.

Setelah memiliki dasar kemampuan seperti itu kita bisa memperdalam listening skill dengan berbagai metode atau teknik mengerjakan soal yang umum di bahas dalam  kursus atau pelatihan-pelatihan bahasa Inggris untuk test.

Beberapa hal di atas bisa anda lakukan untuk memaksimalkan latihan dengan contoh soal toeic yang akan diberikan disini. Terlepas dari hal di atas, jika anda sudah siap berlatih anda bisa mulai mengerjakan latihan berikut.

Latihan ini sangat sederhana namun bisa memberikan anda sedikit gambaran mengenai tes atau ujian toeic ets.

Pada bagian ini anda akan melihat sebuah gambar (di lembar kerja) dan kemudian anda akan mendegar empat buah pernyataan.

Pilih pernyataan yang cocok untuk mendeskripsikan gambar dengan benar. Jadi, untuk dapat mengerjakan soal ini pendengaran anda akan benar-benar diuji apakah ada dapat menangkap pesan yang disampaikan. Sekarang silahkan dimulai.

Part I: Photographs
In Part I of the TOEIC you will look at ten photographs. For each photograph you will hear four statements. You will have to choose which statement has the best description of the picture.

Example 1
First you will look at a photograph:


Next you will listen to four statements. Choose the one that best describes what you see in the picture.

Transcript
A) The woman is wearing glasses.
B) There is a note on the keyboard.
C) The woman is facing the monitor.
D) There is a lamp above the computer.

Explanation 1:
  • Choice A is incorrect because the glasses are on the table. Placement of objects is a common distractor in Part I.
  • Choice B is incorrect because the note is on the monitor not the keyboard.
  • Choice D is incorrect because the lamp is beside the computer. Prepositions are very common distractors found in Part I. Make sure to review your prepositions of location for the TOEIC.
  •  The correct answer is C.

Listening excercise idealnya menggunakan rekaman percakapan, bukan seperti ini. Karena itu kami mohon maaf karena keterbatasan yang ada belum bisa memberikan referensi lengkap dengan file audio yang dibutuhkan. Untuk sementara waktu anda bisa menggunakan contoh toeic ini sebagai bahan tambahan. 

Example 2

Transcript
A) The people are wearing coats.
B) The boat is in the water.
C) The life-jackets are on the boat.
D) The drum is in front of the chair.

Explanation 2:
  • Choice A is incorrect because the people are wearing life-jackets not coats. Types of clothing are often tested in Part I.
  • Choice B is incorrect because the boat is not yet in the water. The people are pulling the boat into the water. When you are analysing a photo make sure that you note the main action that is taking place.
  • Choice C is incorrect because the life-jackets are on the people, not in the boat. Be careful not to choose a statement just because you recognize a vocabulary word from the photo.
  • The correct answer is D.

Berbeda dengan toeic reading, pada masing-masing soal ini ada sebuah gambar, kemudian anda akan mendengarkan 4 pernyataan (audio file) yang harus anda pilih salah satu yang benar-benar dapat mewakili gambar yang ada. Sebagai pengganti file suara telah diberikan transcript (listening script) yang bisa anda baca. Silahkan temukan jawaban yang tepat.

Example 3

Transcript
A) The man is on a pathway.
B) The mountains are covered with snow.
C) The man is carrying a cap.
D) The sandals are in the water.

Explanation 3:
  • Choice B is incorrect because the mountains do not have any snow on them. It is summertime. You may be asked to distinguish between seasons in Part I.
  • Choice C is incorrect because the man is wearing a cap. Remember you will not be able to read the choices in this section. Wearing and carrying sound similar. Listen carefully.
  • Choice D is incorrect because the sandals are on the man's feet. Both vocabulary words are in the photo, but the context is incorrect.
  • The correct answer is A. (Sumber: englishclub)

Demikianlah tadi sebuah contoh soal listening toeic ETS yang bisa kita jadikan bahan belajar persiapan menghadapi toeic test. Dengan banyak berlatih semoga hasil tes kita akan jadi lebih baik lagi.

Jangan lupa, setelah menyelesaikan latihan ini anda bisa berlatih dengan soal-soal toeic lainnya di bagian bawah. Masih banyak kok latihan-latihan yang dapat anda gunakan untuk belajar. Siahkan dipilih saja mana yang kiranya dibutuhkan.